Adab Ketika Membaca Al Qur’an

Membaca Dan Mengkaji Al Qur’an Memberi Pertolongan Di Hari Akhir

Adab Membaca Al Qur’an—Al Qur’an merupakan kitab suci orang yang beragama Islam yang bisa menunjukkan jalan kebenaran bagi yang mengikuti dan menaatinya. Al Qur’an juga merupakan kitab penyempurna kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum adanya Al Qur’an sepeti Zabur, Injil dan Taurat. Oleh karenanya, Al Qur’an menjadi petunjuk kehidupan yang benar, dan segala isinya diturunkan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan diturunkan lewat malaikat Jibril dan kemudian diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasalam. Maka tak heran segala kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala seperti dunia dan seisinya, telah terbukti dan ada di dalam Al Qur’an. Oleh karenanya, luangkan lah sedikit waktu untuk membaca dan mengkaji Al Qur’an agar mudah mendapatkan syafa’at dari Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam dan pertolongan ketika hari akhir dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bila ingin membaca Al Qur’an, tentunya sebagai umat muslim dan muslimah yang bertaqwa harus mengetahui Adab Membaca Al Qur’an yang baik dan benar. Sebab Al Qur’an adalah kitab suci yang sangat mulia. Mau tahu apa sajakah Adab Membaca Al Qur’an yang baik dan benar? Yuk baca artikel Khazzanah Travel Umroh Haji ini sampai bawah ya? InshaaAllah, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia dan juga tentunya ilmu yang bermanfaat akan bertambah mengenai agama Islam.

Beberapa Adab Membaca Al Qur’an Yang Baik Dan Benar

  1. Niat Dan Penuh Keikhlasan

Hal yang pertama ketika kita melakukan sesuatu adalah niat yang timbul dari dalam hati. Niat yang baik akan menimbulkan kebaikan pula. Niat juga harus disertai keikhlasan dan tanpa paksaan. Hal ini merupakan salah satu Adab Membaca Al Qur’an yang penting. Sebab, bila diperintah sekalipun namun tak ada niat di dalam hati dan hati menjadi kesal, kebarakahan tidak akan timbul dengan sendirinya.

  1. Dalam Keadaan Suci Dengan Berwudhu

Al Qur’an merupakan kitab suci yang mulia. Oleh karenanya, alangkah baiknya apabila kita ketika hendak membaca Al Qur’an mengambil wudhu terlebih dahulu. Jadi ketika membaca Al Qur’an, kita sudah dalam keadaan suci.

  1. Memulai Dengan Membaca Ta’awudz

Ketika hendak membaca Al Qur’an, agar lebih khusyu, sangat baik sekali apabila kita memulainya dengan membaca Ta’awudz.  Sebab dengan bacaan tersebut, kita telah mempercayai Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan meminta perlindungan dari godaan setan yang terkutuk. Maka, jangan sampai melupakan Adab Membaca Al Qur’an yang ketiga ini.

  1. Berada Di Tempat Yang Sepi Dan Sunyi

Adab Membaca Al Qur’an selanjutnya adalah memilih tempat yang sepi dan sunyi. Bila kita membaca Al Qur’an di tempat yang ramai dan berisik, tentu ibadah yang sedang kita kerjakan menjadi tidak khusyu. Selain itu, orang-orang disekitar kita pasti juga tidak mau diganggu ketika mereka sedang melakukan kegiatan tertentu. Alangkah baik sekali apabila kita sama-sama berkumpul membaca Al Qur’an di masjid, di kamar sendiri atau dimanapun yang tempatnya bersifat tenang. Mau ke rumah Allah Subahanahu Wa Ta’ala di tanah suci untuk beribadah dengan program Umroh Ramadhan murah dari Khazzanah Tour Travel? Yuk buruan daftarkan diri Anda segera!

  1. Tartil (Perlahan)

Untuk Adab Membaca Al Qur’an yang kelima ini sudah diterangkan didalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang artinya : “Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan” (Al Qur’an Surat Al Muzzamil ayat 4)

  1. Mengeraskan Dan Memperindah Suara

Mengeraskan dan memperindah suara dalam membaca Al Qur’an adalah salah satu Adab Membaca Al Qur’an yang penting. Bukan untuk sifat riya, melainkan itu merupakan hal positif agar orang bisa mendapatkan pahala ketika mendengar lantunan ayat suci Al Qur’an yang kita baca. Ketika memperindah bacaan Al Qur’an hendaknya jangan didayu-dayu. Hadits memperindah bacaan Al Qur’an yakni yang artinya : Nabi Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda : “Hiasilah (perindah) suara kalian dengan mambaca Al Qur’an” (Hadits Riwayat Abu Dawud no. 1468, Ibnu Majah no. 1342, An-Nasa-I no. 1015, Ahmad no. 18494, ad-Darimi no. 3543, Shohih, lihat Silsilah Ahaadits as-Shohihah no. 771).

Itulah beberapa Adab Membaca Al Qur’an yang harus dilakukan ketika hendak membaca Al Qur’an. Selain Adab Membaca Al Qur’an diatas, ada beberapa lagi yang harus dipehatikan yakni adalah bersujud ketika membaca ayat sajadah, merenungi bacaan Al Qur’an, membaca tasbih, berinteraksi dengan Al Qur’an dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *